Rabu, 20 Agustus 2014

Kota Tulungagung


  Tulungagung , kota yang menyimpan banyak kenangan , kota sejuta cerita , kota kecil yang damai sejahtera. kota yang saya tempati sejak saya belum bisa bicara sampek sekarang bisa bicarain orang hahaha
   Kota ini terletak di sebelah selatan Jawa Timur , terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia.

   Secara topografik, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 m di atas permukaan laut (dpl). Bagian barat laut Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Bagian tengah adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Kidul. Di sebelah barat laut Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Sendang, terdapat Gunung Wilis sebagai titik tertinggi di Kabupaten Tulungagung yang memiliki ketinggian 2552 m. Di tengah Kota Tulungagung, terdapat Kali Ngrowo yang merupakan anak Kali Brantas dan seolah membagi Kota Tulungagung menjadi dua bagian: utara dan selatan .

  Tulungagung mempunyai banyak wisata alam yang sangat indah , sayang itu tidak didukung dengan pengelolaan yang baik dari pemerintah Tulungagung . Kota ini mempunyai banyak pantai , salah satu yang terkenal adalah pantai popoh (rumah nyi roro kidul) . pantai ini dulunya sangat terkenal , tapi entah kenapa terakhir kali saya berkunjung kesana sekitar 2 tahun yang lalu , pantai ini seperti tidak terurus , banyak daun berguguran di area bermain dan ada banyak ulat bulu . patung-patung yang dulunya berdiri kokoh sekarang seperti terabaikan dengan banyak nya lumut yang menempel disana .

   Dikota ini juga terdapat sebuah wisata budaya yang meurut saya terkenal , yaitu manten kucing . bagi yang belum tau manten kucing , mmanten kucing itu adalah tradisi dimana ada dua kucing yang dikawinkan , yang katanya bisa mendatangkan hujan , katanya lo ya .

   Ada satu lagi tempat wisata , sebenarnya ini menurut saya bukan tempat wisata , tapi ini tempat favorit saya untuk menghabiskan hari minggu pagi , yaitu pasar senggol , pasar yang terletak di daerah bangoan ini selalu ramai dikunjungi warga sekitar maupun warga daerah lain . kenapa namanya pasar senggol ? menurut analisa saya sendiri , pasar ini disebut pasar senggol karena pasar ini terlampau kecil untuk ukuran pasar yang banyak pengunjungnya sehingga ketika kita berjalan kita akan selalu bersenggol-senggolan dengan orang lain :p analis yang aneh

    Oh iya , hampir lupa , tempat favorit saya untuk menghabiskan hari minggu masih ada satu lagi , yaitu alun alun tulungagung . alun alun yang berada di pusat kota tulungagung ini dikelilingi masjid besar al munawwar , kantor DPRD, kantor POS dan juga pendopo . alun alun ini sebenarnya tidak besar , tapi sangat asri . di sini juga ada burung dara  , yang suka buang hajat sembarangan bisa diberi makan . jika ingin kesini , waktu paling tepat adalah hari minggu , karena dihari ini bertepatan dengan car free day . jadi akan banyak penjual yang ada disini :)

Honorable mention : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar